19
Apr
09

Daftar politikus berpoligami dan pendukung poligami

Berikut adalah artikel mengenai daftar para politikus berpoligami dan pendukung poligami. Artikel ini adalah tulisan ketiga dari rangkaian tulisan yang saya tampilkan di blog ini mengenai poligami. Yeni Rosa Damayanti yang kini menjadi seorang aktivis Solidaritas Perempuan Indonesia (SPI) ini adalah salah seorang yang melakukan penelitian mengenai para politikus yang berpoligami dan yang mendukung poligami. Seperti telah diketahui oleh orang banyak para politikus ini merupakan perusuh yang meresahkan hati para perempuan Indonesia. Yeni Rosa adalah eks aktifis mahasiswi dari Universitas Nasional Jakarta yang berani melawan Suharto pada saat kekuasaannya ditengarai sedang berada pada puncaknya, ketika orang-orang lainnya yang banyak mengaku-ngaku sebagai tokoh reformasi termasuk politikus-politikus yang mengaku-ngaku memperjuangkan “keadilan” dan “kesejahteraan” ini, sedang berada “di negri antah berantah” untuk menyembunyikan diri dari tanggung jawab mereka terhadap masyarakat kala itu yaitu melawan Suharto dan kekuasaan orbanya.

Perlawanan terhadap Suharto inilah yang membuat Yeni harus dipenjara dan diasingkan ke luar negri. Entah di mana politikus-politikus yang memperjuangkan kesejahteraan syahwat segelintir laki-laki ini, ketika Yeni Rosa Damayanti berjuang melawan Suharto bersama para mahasiswa Indonesia lainnya dan Sri Bintang Pamungkas. Yeni bersama dengan Jajang Pamuncak adalah perempuan-perempuan Minangkabau yang memberikan pembelaan kepada perempuan-perempuan Indonesia seperti Inul yang ditindas oleh para penguasa Islam pemuja kelamin ini.Indonesia yang dicita-citakan oleh Yeni Rosa Damayanti adalah Indonesia yang majemuk, yang menghargai budaya-budaya orang Indonesia dan menghargai perempuannya, yang merupakan separoh dari keseluruhan penduduk Indonesia, dan bukannya menjadikan perempuan sebagai komoditi dagangan syariat Islam yang ditindas untuk mengarabkan Indonesia ini.

Daftar ini tidak akan basi walaupun sudah dikeluarkan oleh SPI menjelang pemilu baru-baru ini, karena politikus-politikus gatal ini tidak akan berhenti mengkampanyekan poligami ini dan kampanye-kampanye lainnya yang hanya bertujuan untuk menindas perempuan. Mereka juga akan kembali bertarung untuk menjadi anggota dewan atau bahkan untuk jabatan seperti capres dan cawapres seperti sang pendukung poligami, Hidayat Nur Wahid. Itu berarti lebih banyak lagi undang-undang yang akan dibuat untuk lebih menindas perempuan.

Daftar ini dibuat oleh Yeni dan kawan-kawannya dari SPI. Dibuat oleh Yeni sang pejuang reformasi sungguhan yang telah mengecap asam garam kehidupan pergerakan dan politik dan yang benar-benar memperjuangkan nasib rakyat Indonesia. Ia pernah menjadi pejuang lingkungan hidup, petani, aktifs mahasiswa yang paling terkenal, penentang Suharto dan kini pejuang bagi kelompok perempuan. Tidak salah pilihan Yeni Rosa Damayanti untuk mengabdikan waktunya bagi perjuangan untuk kaum perempuan, karena setelah Suharto turun, perempuan Indonesialah yang menjadi sasaran kezaliman para politikus gatal kelamin ini.

———————————————————————————————————————————————————–

Nama Caleg Pelaku & Pendukung Poligami Versi SPI
M. Rizal Maslan – detikPemilu

Jakarta – Solidaritas Perempuan Indonesia (SPI) mengumumkan nama-nama calon anggota legislatif (caleg) yang menjadi pelaku dan pendukung poligami. SPI menyerukan nama-nama tersebut untuk diboikot, jangan dipilih saat pemilu.

Nama-nama caleg tersebut disampaikan oleh aktivis Solidaritas Perempuan, Yeni Rosa Damayanti, dalam acara Dialog Publik bertema ‘Poligami di Antara Politisi’ di Gedung YLBHI, Jl Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (3/4/2009). Dalam acara itu, sejumlah caleg perempuan pun hadir, termasuk sejumlah selebritis. Berita ini untuk memperjelas berita detikcom sebelumnya.

Nama-nama yang masuk dalam daftar tersebut merupakan hasil pengamatan SPI selama Maret 2009. Namun meskipun merilis nama-nama pelaku dan pendukung poligami, SPI tidak memberikan data yang lengkap dan akurat. Pelaku poligami tidak disebutkan nama istri, berapa jumlah istri dan kapan menikahnya.

Demikian pula alasan memasukkan nama caleg dalam pendukung poligami hanya didasarkan pernyataan sang caleg dan sikapnya saat menjadi pembicara Poligami Award. Bahkan untuk Hidayat Nurwahid misalnya, ia dimasukkan dalam daftar pendukung poligami, tanpa catatan mengapa ia bisa disebut pendukung poligami.

Berikut nama lengkap dan catatan SPI tentang nama caleg yang menjadi pelaku poligami dan pendukung poligami tersebut:

1. Akhmad Muqowam, Ketua DPP PPP dan Ketua Komisi V DPR

catatan: pelaku poligami

2. Endin AJ Soefihara, Ketua DPP PPP, caleg DPR RI Dapil Jabar

catatan: pendukung poligami

Dalam wawancaranya dengan tabloid Kontan pada 1 Maret 2003, mengenai poligami, ia dengan kata-kata guyonan menyatakan, “Masa poligami kekerasan? Perempuan senang kok dijadikan istri kedua ha…ha…ha,” katanya terbahak.

3. A Syahrizal D, Ketua Fraksi PPP DPRD Riau, caleg DPR RI Dapil Riau
catatan: pelaku poligami

4. Usamah Muhammad Al Hadar, PPP, anggota Komisi I DPR, caleg nomor urut 1 DPR RI Dapil II Jatim
catatan: pendukung poligami

Dalam sebuah pertemuan dengan Komnas Perempuan Usamah mengatakan bahwa poligami bukan hal negatif. “Saya setuju poligami,” kata Usamah. Usamah menambahkan jumlah wanita di Indonesia sekarang lebih banyak dari jumlah pria. “Kalau satu pria kawin satu, ada yang nggak kebagian,” katanya.

5. Djuhad Mahja, Wakil Sekjen PPP
catatan: pelaku poligami

6. Daday Hudaya, Partai Demokrat, caleg DPR RI Dapil Jabar I
catatan: pelaku poligami

7. Balkan Kaplale, Partai Demokrat, caleg DPR RI Dapil Jatim 9
catatan: pelaku poligami.

8. Dr H. Daud Rasyid MA, PKS, caleg DPR RI Daerah Pemilihan Sumut III Nomor urut 2.
catatan: pendukung poligami
Menjadi pembicara utama dalam penganugerahan Poligami Award di Hotel Aryaduta pada tanggal 24 Juli 2003. Poligami Award adalah sebuah even yang mempopulerkan tindakan poligami sehingga turut melegitimasi tindakan kekerasan dalam rumah tangga.

9. Didin Amarudin, Wakil Bendahara Umum DPP PKS
catatan: pelaku poligami

10. Tifatul Sembiring, Presiden PKS, caleg DPR RI Dapil Sumut I
catatan: pelaku poligami

11. Anis Matta, Sekretaris Jenderal PKS, caleg DPR RI Dapil Sulsel I
catatan: pelaku poligami

12. Zulkieflimansyah, PKS, Wakil Ketua Fraksi PKS, caleg DPR RI, Dapil Banten 2
catatan: pelaku poligami

13. Hidayat Nurwahid, PKS, Ketua MPR, caleg DPR RI Dapil Jateng 5
catatan: pendukung poligami

14. Effendy Choirie, PKB, caleg PKB nomor urut 2 Dapil Gresik, Jatim 11
catatan: pendukung poligami
Menolak revisi PP Nomor 45 Tahun 1990-revisi PP Nomer 10 Tahun 1983 tentang izin perkawinan dan perceraian bagi PNS. Effendy Choirie menyatakan, kalau hasil revisi PP tersebut terkesan membatas-batasi pelaksanaan poligami dan menyerukan agar PP itu dihapus.

15. AM Fatwa, Wakil Ketua Majelis Pertimbangan PAN, calon anggota DPD Jakarta
catatan: pelaku poligami

16. Arbab Paproeka, caleg DPR RI Dapil Maluku
catatan: pelaku poligami

17. Ali Mochtar Ngabalin, Ketua DPP Partai Bulan Bintang, caleg DPR RI Dapil Sulawesi Selatan 3.
catatan: pelaku poligami

18. Nursyamsi Nurlan, caleg DPR RI Dapil Sumbar 2.
catatan: pelaku poligami

19. Agun Gunandjar, Partai Golkar, caleg DPR RI Dapil Sulawesi Selatan
catatan: pelaku poligami

20. Anwar Fattah, PDIP, caleg RI Dapil Sulawesi
catatan: pelaku poligami

Artikel ini bisa dibaca langsung di situs web detik news.


2 Responses to “Daftar politikus berpoligami dan pendukung poligami”


  1. Mei 9, 2009 pukul 2:32 am

    Saya pernah beberapa kali melihat tayangan Sdr Yeni di acara dialog.
    Saya salute dengan konsistensi perjuangannya sejak era orba. Beliau hingga saat ini menunjukkan nilai-nilai aktivis yang masih melekat ditengah bayang-bayang kegiuran kekuasaan. Beberapa rekan-rekannya justru kini bergabung dengan parpol yang memiliki orang penting yang “bermasalah”, bahkan mereka yang terlibat dalam penangkapan aktivis.
    Perjuangan seperti Sdr Yeni harus mendapat dukungan moril dari mereka yang merasa ada yang ‘salah’ dengan Indonesia Raya. Saya dukung itu selama untuk kepentingan hak dan kedaulatan mendasar manusia.
    Btw, beberapa tokoh diatas masih terpilih dan sebagiannya tidak terpilih juga.

  2. Juli 16, 2010 pukul 1:00 am

    Menarik juga daftar nama pejabat negara yang berpoligami ini. Saya dengar banyak juga pejabat yang selingkuh dan berzina, tapi antipoligami. Ada juga bagusnya nama-nama mereka yg suka zina dan antipoligami ini diumumnkan, biar ada keadilan.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Blog Stats

  • 96,268 hits

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: